PENDIDIKAN KIMIA
Menjadi program studi yang bermutu, mandiri dan inovatif dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Pendidikan Kimia yang adaptif terhadap perkembangan IPTEK berdasarkan nilai-nilai kristiani dan Pancasila di Indonesia pada tahun 2027.
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran kimia yang bermutu dan diakui di tingkat nasional dan/atau internasional dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi;
- Meningkatkan mutu lulusan yang berintegritas dan kompeten di bidang pendidikan dan pengajaran Kimia, serta mampu bersaing di tingkat nasional;
- Melaksanakan penelitian yang inovatif dan adaptif terhadap perkembangan IPTEK yang terpublikasi tingkat nasional dan/atau internasional;
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dan kimia secara berkelanjutan, serta terpublikasi tingkat nasional dan/atau internasional;
- Menjadikan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sebagai budaya kerja dalam semangat melayani;
- Mengembangkan sumber daya manusia yang bermutu berdasarkan nilai-nilai kristiani dan semangat nasionalisme;
- Menyelenggarakan kerjasama dengan lembaga dalam dan luar negeri yang saling menguntungkan dalam bidang Tri Dharma serta lembaga-lembaga gerejawi dalam semangat ekumenis.
- Kompetisi Kimia bekerjasama dengan UI Jurusan Kimia Murni dan UNJ Jurusan Pendidikan setiap satu tahun sekali. Penyelenggaraan kompetisi kimia bertujuan untuk menarik minat dan bakat siswa dalam bidang sains dan teknologi, terutama mata pelajaran kimia.
- Open Laboratorium yang bekerjasama dengan KIR SMA dan Klub Sains SMP bertujuan untuk:
- Menjalin kerjasama dan saling mendukung dalam praktikum dengan SMA sekitar UKI Cawang,
- Membantu pihak sekolah dalam membantu pembuatan materi praktikum di SMA sekitar UKI Cawang,
- Bertukar wawasan dan pengalaman sains dengan pihak sekolah sekitar UKI Cawang.
- Kurikulum berbasis kompetensi melalui kegiatan eksperimen dan MSDS (Material Safety Data Sheet), dan untuk angkatan 2015 menggunakan kurikulum KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia). Pelaksanaan kurikulum di atas sebagian besar dilakukan dengan melakukan serangkaian kegiatan eksperimen yang relevan untuk memperdalam penguasaan materi dan memperkaya keterampilan terhadap perkuliahan yang bersangkutan.
- MSDS (Lembar Keterangan tentang Keamanan Bahan Kimia) bertujuan untuk membentuk pengetahuan dan kebiasaan yang komprehensif tentang penggunaan, penyimpanan dan pengolahan bahan kimia secara aman dan terencana.
- Proses Pembelajaran Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan
Pembelajaran Kimia di Prodi Pendidikan Kimia dilakukan secara terintegrasi dengan bidang pendidikan lain untuk pengkayaan keilmuan dan keterampilan di bidang pendidikan kimia. Berbasis teknologi ramah lingkungan yang dimaksud adalah setiap mahasiswa dan dosen yang terlibat di dalam proses pembelajaran saling berupaya untuk menggunakan teknologi ramah lingkungan misalnya menggunakan teknik komputer, menggunakan kembali kertas bekas, spidol isi ulang, membuang sampah pada tempatnya, dsb.