Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UKI didirikan dengan misi menyelenggarakan Pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dibidang pendidikan Fisika serta menghasilkan sarjana pendidikan Fisika yang berkualitas, inovatif, adaptif dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, mampu bersaing, serta berjiwa kepemimpinan, enternpreunership dan kepelayanan. Pada tahun2015 melaluisurat keputusan MenteriRiset, Teknologi, Pendidikan Tinggi No.151/M/Kp/IV/2015,  FKIP UKI telah mendapat izin untuk menyelenggarakan pendidikan Program Studi Pendidikan Fisika.
 

Visi

Menjadi Program Studi Pendidikan Fisika yang bermutu, mandiri dan inovatif dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Indonesia dan Asia berbasis media pembelajaran sederhana sesuai nilai-nilai Kristiani dan Pancasila pada tahun 2030.
 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran sesuai nilai-nilai kristiani dan semangat nasionalisme;
  2. Mengembangkan media pembelajaran sederhana dan inovatif dengan memanfaatkan IPTEKS;
  3. Meningkatkan mutu lulusan yang berintegritas dan kompeten di bidang Pendidikan Fisika serta mampu berkontribusi di tingkat nasional dan internasional;
  4. Meningkatkan mutu penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Fisika di tingkat nasional dan internasional;
  5. Menjadikan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sebagai standar kerja dalam pelaksanaan pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam semangat melayani;
  6. Meningkatkan mutu sumber daya manusia yang berkompeten dan mandiri dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara berkelanjutan;
  7. Mengembangkan dengan institusi di tingkat regional, nasional dan internasional dalam bidang Tri Dharma serta lembaga-lembaga gerejawi dalam semangat ekumenis.
Kemahasiswaan
Organisasi intra kampus sebagai wadah berhimpun mahasiswa untuk melakukan kegiatan terdiri dari organisasi Himpunan Jurusan, BEM Fakultas, BEM universitas, dan UKM. Kegiatan kemahasiswaan merupakan arena pembinaan mahasiswa yang bersifat kognisi, afeksi dan psikomotorik. Bentuk kegiatan yang akan dilakukan antar lain, diskusi, seminar, pameran, lomba karya tulis ilmiah setingkat universitas, pelatihan, kunjungan studi (studi ekskursi), pecinta alam, paduan suara, olahraga, kesenian dan kegiatan keagamaan.
 
Daya Dukung
Sumber Daya manusia di Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UKI didukung oleh staf pengajar (Dosen) yang kompeten dibidangnya dengan strata pendidikan S2 dan S3 baik yang berlatar belakang ilmu pendidikan maupun dari ilmu sains dan teknik, serta dosen tamu yang profesional  di bidangnya. Selain didukung para dosen Program Studi Pendidikan Fisika juga didukung oleh para laboran, staf administrasi dan tenaga umum.
Laboratorium yang mendukung Program Studi Pendidikan Fisika antara lain: Laboratorium Fisika Dasar, Laboratorium Fisika Modern, Laboratorium Elektronika Dasar dan Digital, Laboratorium Fisika Komputasi, Laboratorium Optika, Laboratorium Kalor dan Termodinamika, serta Laboratorium Energi Terbarukan yang merupakan kolaborasi dengan laboratorium Fakultas Teknik UKI.
Disamping dukungan laboratorium seperti disebutkan diatas, untuk menjamin kualitas  lulusan, program studi pendidikan Fisika telah menjalin kerjasama beberapa sekolah diantarannya seluruh sekolah PSKD yang menjadi  Lab school program studi pendidikan fisika. 
 
Keunggulan Lulusan Pendidikan Fisika
  1. Memiliki nilai-nilai Kristiani yaitu rendah hati, berbagi dan peduli, profesional, bertanggungjawab, dan disiplin.
  2. Selain memiliki kompetensi mengajar yang handa penciri lulusan program studi pendidikan Fisika UKI kompetensi membuat alat-alat peraga Fisika sederhana maupun mutakhir dengan memanfaatkan teknologi tepat guna serta membuat media pembelajaran yang kreatif dan inovatif.