Program studi Keperawatan Rumah Sakit Umum Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (selanjutnya disingkat menjadi Program studi Keperawatan RSU UKI) yang berdiri pada tanggal 24 April 2000 berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI nomor HK 00.06.1.3.1151.1 merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi keperawatan, bertujuan menghasilkan tenaga perawat professional pemula sebagai ahli madya keperawatan.

Berdasarkan SK Pengurus YUKI No. 243/YUKI/A.402/11.10 tanggal 30 Nopember 2010 tentang perubahan nama Akademi Keperawatan Rumah Sakit Umum Universitas Kristen Indonesia menjadi Akademi Keperawatan Yayasan Universitas Kristen Indonesia dan kemudian pada tahun 2018 bergabung dengan Fakultas Vokasi menjadi program studi keperawatan fakultas vokasi UKI.

Secara umum tujuan pendidikan tinggi termasuk Program studi Keperawatan adalah :

1. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dan/atau professional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan/atau memperkaya khasanah ilmu pengetahuan, tehnologi dan/atau kesenian.

2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, tehnologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.

Program studi Keperawatan mempunyai tanggung jawab mengelola penyelenggaraan pendidikan sesuai kaidah-kaidah profesi dan pendidikan tinggi sehingga lulusannya professional dan mampu bersaing pada era pasar bebas jasa pelayanan kesehatan. Secara institusi diharapkan Program studi Keperawatan dapat menyelenggarakan pendidikan tinggi keperawatan yang professional secara mandiri.

Program studi Keperawatan memiliki sivitas akademika: dosen dan mahasiswa yang memiliki otonomi keilmuan sehingga mengupayakan agar seluruh kegiatan serta hasilnya selalu meningkatkan pelaksanaan akademik.

 

Visi Program Studi Keperawatan

Menjadi program studi yang bermutu, mandiri, dan inovatif dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi pada bidang keperawatan gawatdarurat di tingkat nasional berlandaskan nilai-nilai kristiani dan Pancasila pada tahun 2026.

Misi Program Studi Keperawatan

  1. Menyelenggarakan pendidikan keperawatan dalam keunggulan kegawatdaruratan sesuai kurikulum KKNI dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi serta dijiwai nilai-nilai kristiani dan Pancasila;
  2. Meningkatkan mutu lulusan yang berintegritas dan kompeten di bidang keperawatan serta mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional;
  3. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dalam bidang keperawatan gawatdarurat sesuai dengan perkembangan Ipteks yang terpublikasi di jurnal nasional atau internasional;
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berkelanjutan dalam upaya pemberdayaan dan kemandirian masyarakat di bidang keperawatan;
  5. Menjadikan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sebagai budaya kerja dalam semangat melayani;
  6. Meningkatkan mutu dan kapasitas sumber daya manusia yang berkelanjutan;
  7. Menjalin kerja sama dengan instansi terkait, baik di tingkat nasional maupun internasional dalam bidang Tri Dharma, serta lembaga-lembaga gerejawi dalam semangat ekumenis secara berkesinambungan.

Tujuan Program Studi Keperawatan

  1. Menghasilkan ahli madya keperawatan yang kompeten dalam bidang keperawatan gawat darurat yang menjunjung tinggi nilai-nilai kristiani.
  2. Memiliki penelitian dalam bidang keperawatan gawat darurat sesuai perkembangan Ipteks yang terpublikasi di jurnal nasional atau internasional.
  3. Memiliki daerah binaan yang mandiri dan berkelanjutan di bidang keperawatan.
  4. Terjalin kerjasama dengan instansi terkait di tingkat nasional maupun internasional yang berkesinambungan.

Fasilitas

  1. Tenaga pengajar terdiri dari dosen-dosen yang berpengalaman dan ahli dalam bidangnya.
  2. Praktik klinik keperawatan di Rumah Sakit Umum UKI, Puskesmas, RS. Jiwa, Rumah Sakit Bersalin, Panti Asuhan, dan Panti Jompo.
  3. Laboratorium: Laboratorium Keperawatan, Laboratorium Biologi, Fisika, Biokimia, Anatomi, dan Parasitologi (bekerjasama dengan FK UKI).
  4. Ruangan: Perpustakaan ber-AC dan Ruang kuliah ber-AC

Beasiswa

Dari Dirjen DIKTI melalui Kopertis III 

 

Keunggulan:

 

  1. Lulusan dapat bekerja di RSU UKI
  2. Lulusan sudah mendapat sertifikat GADAR
  3. Bekerja (Rumah Sakit, Puskesmas, Asuransi, perusahaan)

Kurikulum

  1. Lama pendidikan 3(tiga) tahun terbagi dalam VI (enam) semester dengan beban studi 110-120 SKS
  2. Berbasis Kompetensi
  3. Unggulan: Perawatan Gawat Darurat

 

Informasi

Jl. Mayjen Sutoyo, Cawang, Jakarta Timur 13630

Telp/Fax: (021) 80888318, (021) 8092425, 8009190 Ext. 365, (021) 8092317 Ext. 211

Website: http://www.vokasi.uki.ac.id

E-mail: advenmarbun@gmail.com