Doktor Juaniva Sidharta, Lulusan Terbaik Program Studi Doktor Pendidikan Agama Kristen UKI

Jakarta- Universitas Kristen Indonesia (UKI) menggelar Sidang Terbuka Senat dalam rangka pelantikan wisudawan Tahun Akademik 2021/2022 Program Pascasarjana, Sarjana, dan Diploma (Ahli Madya), bertempat di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Jakarta, pada Selasa 17 Januari 2023. 

Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono, SH., MH., MBA., menyatakan bahwa wisuda kali ini  terasa istimewa karena UKI meluluskan mahasiswa dari program studi Doktor dan memiliki wisudawan  lulusan pertama program studi Doktor Pendidikan Agama Kristen (DPAK).  

Pada wisuda kali ini, capaian IPK tertinggi lulusan Program Doktor diraih oleh Juaniva Sidharta dari Prodi DPAK, dengan IPK 4.00.  Juaniva Sidharta yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor UKI bidang Keuangan dan Pemasaran,  menjadin lulusa pertama Prodi Doktor PAK UKI dengan Predikat Cumlaude. Ia berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul ‘Pengaruh Pendidikan Agama Kristen terhadap Praktik Etika Bisnis dalam Praksis Pajak, Riba dan Suap Pada Generasi Millennial’.   Dalam penuturannya, mahasiswa Angkatan pertama Prodi Doktor PAK UKI menyatakan bahwa dalam perjalanan kehidupan manusia, baik untuk menghidupi diri maupun keluarganya; ada berbagai hal yang berhubungan praktik etika dan ditemukan di dalam menerapkan bisnis. Tidak jarang dengan alasan keuntungan bisnis semata, nilai moral atau legalitas diabaikan, ajaran agama dilanggar serta menghalalkan segala cara demi untuk memuaskan keinginannya. 

“Keluarga merupakan dasar yang penting di dalam pengenalan pertama akan Pendidikan Agama Kristen (PAK), terutama pada generasi millennial. PAK tidak dapat diabaikan begitu saja karena pengaruhnya sungguh luar biasa dalam membentuk karakter anak-anak muda;  termasuk generasi millennial saat ini,”urainya. 

Kata Juaniva, pentingnya PAK bagi generasi millennial juga disebabkan karena adanya berbagai macam isu seputar praktik etika dalam berbisnis yang berpengaruh bagi mereka. Salah satu harapan yang dicapai dalam tujuan penulisan disertasinya adalah untuk mengukur sejauh mana keefektifan PAK dalam meningkatkan religiusitas yang nantinya akan menentukan karakter generasi millennial  di dalam berbisnis. "Harapan ke depan, hendaknya ada pembekalan PAK yang terprogram dengan baik untuk generasi millennial agar mereka senantiasa memiliki keengganan dan rasa malu untuk melakukan tindakan tidak terpuji dalam berbagai praktik bisnis yang dilakukannya,” pungkasnya

Ketua Program Studi Doktor Pendidikan Agama Kristen UKI, Dr. Demsy Jura, S.Th., M.A., M.Th., MPd., menjelaskan bahwa UKI sebagai Perguruan Tinggi Kristen pertama yang hadir di bumi pertiwi, berdiri sejak tanggal 15 Oktober 1953, telah melahirkan lulusan Doktor untuk pertama kalinya dalam sejarah kampus kasih, kampus Bhineka Tunggal Ika, Universitas Kristen Indonesia.

Sejak berdiri pada tahun 2019, Program Studi Doktor Pendidikan Agama Kristen UKI, terus membenahi diri untuk meningkatkan mutu akademik yang menjadi beban dan tanggung jawab yang harus dipenuhi. Penyelenggaran Sidang Terbuka Promosi Doktor Pendidikan Agama Kristen yang dilaksanakan tanggal 14- 15 Maret 2022 dan tanggal 19 Desember 2022 dan  menjadi  bukti sejarah yang berkelanjutan pada studi doktor di UKI

Salah satu dari tujuan Program Studi Doktor PAK UKI, adalah menghasilkan kebaruan (novelty) serta mengembangkan kurikulum dan teologi PAK berdasarkan kaidah ilmiah yang menjunjung tinggi nilai-nilai Kristiani yang berkarakter.

"Pada kegiatan akademik ujian promosi program studi Doktor PAK UKI, telah melahirkan intelektual muda yang bergelar Doktor, dengan pemenuhan kriteria akademik yang dipersyaratkan, handal, serta berkualifikasi dalam kajian keilmuannya, dan tentunya diharapkan mampu berkontribusi serta menjawab tantangan yang ada pada zaman sekarang ini. Partisipasi sivitas akademika UKI dinantikan gereja dan masyarakat,” ujar Demsy Jura.
 

Share this Post

LMS DAFTAR E-BROSUR BEASISWA