Pelepasan Mahasiswa/I Inbound PMM Batch II : Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya; Time Flies Memories Stay

Jakarta- Pada tanggal 19 Januari 2023, dilaksanakan pelepasan mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch II Inbound di UKI Semester Gasal, Tahun Akademik 2022/2023. Kegiatan dilaksanakan di ruang seminar, UKI Cawang, Jakarta.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) adalah satu platform dari MBKM yang diselenggarakan oleh  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. UKI merupakan salah satu perguruan tinggi yang ikut berpartisipasi dalam mensukseskan program PMM.

Kepala Bagian MBKM UKI, Haposan Sahala Raja Sinaga, S.H., M.H., berpesan kepada mahasiswa batch II inbound di UKI, untuk tidak melupakan pengalaman selama menempuh pendidikan di UKI. “Di semester gasal Tahun Akademik 2022/2023, UKI mengirimkan 8 mahasiswa ke universitas di berbagai daerah di Indonesia. Dan ada 43 mahasiswa dari perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi negeri dari berbagai wilayah di Indonesia  yang menempuh pendidikan di UKI,” ujar Haposan Sinaga.

“Mahasiswa inbound di UKI mendapat Modul Nusantara terdiri atas kelas kebhinekaan dengan melaksanakan kunjungan museum dan rumah ibadah. Kelas Inspirasi dengan mengundang figur dari UKI dan tokoh nasional. Seminggu sekali, kami juga melakukan sharing kelompok dan melakukan kontribusi sosial dengan mempersembahkan festival budaya di UKI. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air,” tambahnya.

Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K.Harjono mengapresiasi program Pertukaran Mahasiswa Merdeka yang sudah dijalankan dengan baik. “Di tahun 2023, sebagai tahun inovasi UKI, kita harus berpikir ‘out of the box’. Selama 1 semester ini kalian telah bersama-sama memiliki pengalaman belajar di UKI. Maka manfaatkan jaringan pertemanan yang kalian punya saat ini untuk terus belajar berkembang menjadi mahasiswa luar biasa, menjadi mahasiswa unggul. Karena Indonesia butuh Sumber Daya Manusia yang Unggul,” ujar Dhaniswara.

Dosen Modul Nusantara Luh Angelianawati, M.Pd memberikan ucapan selamat kepada 43 mahasiswa inbound UKI yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. “Semoga pelajaran yang kalian dapatkan selama 1 semester dapat bermanfaat untuk Indonesia. Bagi generasi muda, tumbuhkan jiwa nasionalisme dan cinta Indonesia. Kenali sejarahnya, cintai bangsamu. Kenali sejarahnya, cintai UKI,” ujar Luh Angelianawati.

Lebih lanjut Dosen Modul Nusantara, Dr. Sumiyati, M.Pd berharap rangkaian kegiatan kelas nusantara dan kelas inspirasi dapat membangun nilai karakter memperkokoh NKRI dikaitkan dengan kearifan lokal dan semangat Pancasila.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan oleh pemotongan tumpeng dan pemberikan sertifikat kepada Kepala suku PMM Batch II Inbound UKI, Fajrul Akbar Fahmi Sinaga, yang telah menyelesaikan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch II Inbound di UKI Semester Gasal, Tahun Akademik 2022/2023. Mahasiswa inbound antusias menampilkan persembahan tarian daerah dan performance menyanyikan lagu Pelajar Pancasila.


 

Share this Post

LMS DAFTAR E-BROSUR BEASISWA