Menteri Investasi RI, Bahlil Lahadalia : Pengalaman di Organisasi Mahasiswa Menjadi Bekal Dalam Berpraktek di Dunia Kerja

“Kualitas mahasiswa menjadi penentu bagi kesuskesan mahasiswa tersebut. Organisasi mahasiswa menjadi bekal mahasiswa dalam berkolaborasi di dunia kerja. Jadilah Warga Negara Indonesia yang pintar dan tetap memakai hati,” ujar Menteri Investasi RI/ Kepala BKPM RI, Bahlil Lahadalia, dalam Seminar Nasional ; Sinergi Pemerintah dan Generasi Muda dalam Pembangunan Menuju Indonesia Maju, pada tanggal 13 Januari 2023  yang diselenggarakan Fakultas Hukum UKI di Grha William Soeryadjaya, UKI Cawang.

Lebih lanjut Bahlil Lahadalia menjelaskan tentang salah satu agenda besar Indonesia Maju adalah hilirisasi sumber daya alam. Hilirisasi Sumber Daya Alam menjadi komoditas bernilai tambah. Hilirisasi dilakukan dengan transformasi ekonomi dari industri sektor primer ke industri berbasis nilai tambah. Indonesia menjadi negara pengeskpor komoditas bernilai tambah tinggi

“Salah satunya adalah hilirisasi nikel. Cadangan bijih nikel Indonesia merupakan cadangan terbesar di dunia dengan porsi sebanyak 23,7 % dari seluruh cadangan dunia. Nikel Indonesia digunakan sebagai komponen baterai mobil listrik. Pengolahan nikel menjadi baterai kendaraan listrik. Hilirisasi nikel menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi baterai kendaraan listrik,” tutur Bahlil.

Dengan hilirisasi, neraca perdagangan surplus, dan mampu meningkatkan ekspor dan investasi. Serta menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia

Pembicara kedua dalam seminar ialah Ketua Taruna Merah Putih, Maruarar Sirait, yang memberikan dukungan kepada mahasiswa agar bisa hidup mandiri dalam jangka panjang terutama independen dalam hal keuangan. 

“Kita beruntung memiliki Menteri Investasi RI, Bahlil Lahadalia. Di tahun 2021 dan 2022, target penerimaan pajak Indonesia tercapai dan pertumbuhan ekonomi tinggi. Saya yakin target investasi tahun 2023 tercapai agar penerimaan pajak  tidak terganggu, jumlah pengangguran berkurang, penerimaan negara aman, pertumbuhan ekonomi meningkat,” ujarnya.

Di hadapan peserta seminar, Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono menjelaskan bahwa UKI adalah salah satu universitas tertua di tanah air yaitu lahir pada tahun 1953 tidak lama setelah Indonesia merdeka. “Tahun 2022 UKI meraih prestasi tertinggi dengan mendapat akreditasi unggul. Saat ini UKI diantara ribuan perguruan tinggi, masuk 80 besar Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia. UKI salah satu Perguruan Tinggi yang memperhatikan putra-putri daerah di Indonesia,yaitu beasiswa dan asramanya”

“Kami berharap semakin banyak mahasiswa bisa sekolah di UKI. UKI memperjuangkan pendidikan bagi putra-putri di daerah. UKI mampu menjadi Perguruan Tinggi unggul di Indonesia. Harapan mengangkat Indonesia menjadi negara yang unggul,” ujar Dhaniswara.

Dalam kesempatan ini, Kepala BKPM RI, Bahlil Lahadalia dan Ketua Taruna Merah Putih, Maruarar Sirait, turut mendukung dana untuk pembangunan asrama mahasiswa UKI. 

Share this Post

LMS DAFTAR E-BROSUR BEASISWA