Prof. Bernadetha Nadeak : PPS UKI Semakin Aktif dan Berpengaruh di Kancah Nasional dan Internasional Melalui Karya Keilmuan dan Inovasi

Jakarta-“Atas nama keluarga besar Program Pasca Sarjana Universitas Kristen Indonesia, kami menyampaikan selamat datang kepada seluruh Mahasiswa baru Tahun Akademik 2022/2023  di Kampus PPS UKI tercinta. Suatu kebanggan bagi kami untuk menerima kedatangan anda semua, putra-putri terbaik bangsa Indonesia. Dan bagi para mahasiswa baru dari mancanegara, adalah kehormatan bagi kami untuk menerima kedatangan anda disini, sebagai wujud dari persahabatan antar bangsa,” demikian dikatakan Direktur  Program Pasca Sarjana Universitas Kristen Indonesia  Prof. Dr. dr. Bernadetha Nadeak, M.Pd., PA mengawali sambutannya dihadapan mahasiswa baru PPS UKI 2022/2023 Sabtu (17/9).

Dikatakan Bernadetha, perjalanan akademik tentunya bukan hanya sebatas didapatnya gelar akademik, akan tetapi tidak kalah pentingnya adalah tercapainya kompetensi akademik, yang mencakup aspek pengetahuan kognitif, aspek ketrampilan, sikap serta karakter dan kepribadian. 

“Semakin tinggi gelar akademik yang saudara raih, diharapkan semakin tinggi pula kualitas sikap dan kepribadian yang terbentuk,” ucap Bernadetha. 
“Visi PPS UKI, menjadi Program Pasca Sarjana yang bermutu, mandiri dan inovatif dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat di Indonesia dan Asia sesuai dengan nilai-nilai Kristiani dan Pancasila pada tahun 2030. Maka PPS UKI berperan semakin aktif dan berpengaruh di kancah Nasional dan Internasional melalui berbagai karya keilmuan dan inovasinya, serta memiliki relevansi yang semakin kuat dengan kemajuan bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Bernadetha, budaya ilmiah berkaitan erat dengan  research culture.  Hal ini kata Bernadetha, karena aktivitas scientific terkait sangat erat dengan aktivitas research. Dalam penguatan budaya ilmiah, unggul yang disiapkan oleh Wakil Rektor UKI Bidang Riset dan Inovasi, dinyatakan pentingnya penelitian bagi budaya ilmiah. 

Dengan dasar pertimbangan empat poin yakni, pertama, penelitian merupakan karakteristik yang esensial dari perguruan tinggi sebagai institusi pengetahuan yang pada gilirannya menentukan kapasitas, kapabilitas dan fungsi perguruan tinggi. 

“Dua, penelitian merupakan “darah hidup intelektul” dari segenap civitas akademika di perguruan tinggi yang menentukan kemajuan dan pemutakhiran pengetahuan. Tiga, penelitian merupakan panduan bagi pembelajaran dan pengajaran di perguruan tinggi. Keempat, penelitian merupakan fondasi bagi inovasi, yang mendukung kontribusi perguruan tinggi dalam penciptaan nilai tambah di masyarakat,” ungkapnya. 

Disisi lain Wakil Rektor UKI Bidang Akademik dan Inovasi Dr. Hulman Panjaitan, S.H, M.H mewakili Rektor Universitas Kristen Indonesia mengatakan,  “Selamat datang di kampus Kasih, kampus  Bhineka Tunggal Ika, Kampus Unggul Universitas Kristen Indonesia. Pada tanggal 28 Juni tahun 2022 Tuhan menganugrahi  peringkat akreditasi unggul untuk Universitas Kristen Indonesia.  Ini semua kerja keras semua tim. Tiga puluh tiga prodi dan 8 prodi di program Pasca Sarjana menyumbang kontribusi besar terhadap perolehan ini.”

“Ini menjadi kebanggan kita bersama, berkuliah di Kampus Kasih menimba Ilmu dan menimba iman. Jadi kampus ini untuk kita menimba ilmu dan tempat kita untuk menimba iman,” ujarnya.

“Harapan kami, 8 prodi yang ada di Program Pasca Sarjana akan mampu menyumbangkan sejumlah  kontribusi besar kepada Universitas Kristen Indonesia dan menyumbang  terhadap pembangunan bangsa dan negara.  Kami  mencatat bahwa, Sejak UKI didirikan pada tanggal 15 Oktober 1953 di usianya UKI yang 69 tahun, UKI berkontrubusi kepada pembangunan bangsa. Kami berharap bahwa melalui Program Pasca Sarjana dengan 8 Prodi yang  melalui kinerja penelitian, akan mampu memberikan sumbangsih yang luar biasa kepada pembangunan bangsa dan negara,” pungkasnya. (*/lian)
 

Share this Post

DAFTAR E-BROSUR BEASISWA