UKI Jalin Kemitraan Peningkatan Mutu Bersama DMMMSU Filipina

Written by Daniel Tanamal 

Jakarta, RPKFM – Seakan berlari cepat usai mendapatkan predikat Universitas dengan Akreditasi Unggul, Universitas Kristen Indonesia (UKI) menjalin kemitraan bersama dengan Don Mariano Marcos Memorial State University (DMMMSU) Filipina, dengan mengikuti program Southeast Asia Technical and Vocational Education and Training (SEA-TVET) di bawah organisasi SEAMEO (Southeast Asia Ministry of Education Organization).

Dalam acara penutupan program ini Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., MBA, mengatakan bahwa program kerjasama ini sangat berharga bagi pengetahuan dan pengalaman para mahasiswa yang menjadi peserta. “Selama berlangsungnya program ini, saya yakin semua siswa telah mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang berharga, apalagi tahun ini program dilakukan secara online karena pandemi. Akan tetapi hal tersebut tidak mengurangi semangat para peserta dalam mengikuti program ini,” ujarnya dalam acara yang dilakukan secara daring tersebut, Jumat (22/7/2022).

Dhaniswara juga mengucapkan selamat kepada para mahasiswa yang telah menjadi peserta, serta berharap agar kegiatan kerjasama ini dapat terus dilakukan dalam semangat kerjasama dan kebersamaan, terutama dunia pendidikan. “Saya mengucapkan selamat kepada mahasiswa UKI dan DMMMSU yang telah mengikuti program pendidikan dan pelatihan teknik dan vokal TVET. Progrma yang telah diidentifikasi sebagai salah satu dari tujuh puluh bidang prioritas untuk pengembangan pendidikan di Asia Tenggara dari 2015 hingga 2075. Melalui program ini, mahasiswa program UKI dan DMMMSU yang mengambil jurusan ilmu komunikasi, manajemen dan teknik elektro memiliki kesempatan untuk memperluas pengetahuan mereka dan bekerja untuk menjadi pekerja terampil di karir masa depan,” tutupnya.

Sementara itu, Pimpinan DMMMSU Dr. Jaime I. Manuel, Jr, menyatakan kegembiraannya dapat mengikutsertakan mahasiswanya dan bekerjasama kemitraan dengan UKI. Menurutnya, hal ini adalah terobosan dan langkah maju bagi DMMMSU sendiri bagi pengembangan para mahasiswa dan kerjasama secara internasional.

“Program kerjasama ini menjadi sebuah kolaborasi program antar budaya, teknologi dan publik yang positif bagi kami. Kami sangat berterimakasih karena telah memilih kami menjadi mitra dalam program ini, dan semoga ini bisa terus dilakukan hingga ke masa depan. Saya berharap kita semua bisa menjadi insan intelektual hingga akademisi yang berdayaguna untuk masyarakat,” jelasnya.

Dalam acara penutupan ini juga dilakukan serangkaian acara yang sangat unik dan menarik, yaitu saling bertukar ucapan persahabatan yang dilaksanakan secara kreatif. Dimana Mahasiswa DMMMSU memperkenalkan budaya Filipina, juga perkenalan diri mereka diakhir dengan lagu-lagu anak-anak Indonesia, yaitu “Balonku, Satu-satu Aku Sayang Ibu, dan Pelangi-pelangi.” Sementara itu Mahasiswa UKI memperkenalkan diri dengan memberikan testimony mengenai kesan dan pesan mereka dalam mengikuti program ini.

Share this Post

DAFTAR E-BROSUR BEASISWA