FSB UKI Menyelenggarakan Perayaan Anak Nasional Bersama Anak-Anak Bimbel Cawang Ceria

Jakarta, MajalahGaharu.com – Fakultas Sastra dan Bahasa (FSB)  Universitas Kristen Indonesia (UKI) menyelenggarakan Perayaan Anak Nasional  bersama Bimbel Cawang Ceria binaan  di Aula Lantai 3 Gedung AB UKI Sabtu, 23 Juli 2024.

Acara ini,  melibatkan 130-an  anak-anak didik yang dipandu dan didampingi puluhan mahasiswa-mahasiswa FSB UKI, serta  didampingi orang tua. Sepanjang acara tampak anak-anak sukacita sekali mengikuti kegiatan dan turut serta dalam pentas seni.

Ketua Senat FSB  Kresensia selaku  pelaksana kegiatan  menyampaikan acara ini diikuti  130 anak dari berbagai tingkatan umur, yang terbagi dalam empat kelas anak-anak yang berasal dari sekitar Kampus UKI Cawang.

“Kita (mahasiswa) mengajar anak-anak bahasa Inggris dengan berbagai metode pengajaran,  tiap sabtu dari pukul 9.30 hingga 11.30. Kemudian hingga pukul 12.00 dilanjutkan belajar kreatif bersama, seperti menari, melukis dll,” tutur Kresensia sembari menyampaikan kegiatan hari ini merupakan masa  berakhirnya studi yang sudah berlangsung dari Mei lalu.

Disampaikannya juga, diakhir acara nanti, akan diadakan pembagian Rapor dalam bentuk sertifikat dan pemberian bingkisan kepada seluruh anak-anak Bimbel Cawang Ceria yang telah berpartisipasi dalam periode belajar Mei-Juli 2022.

Seperti diketahui, Bimbel Cawang Ceria merupakan kegiatan dinaungi UKI, yang diasuh mahasiswa-mahasiswa FSB UKI sebagai bagian praktek mengajar dan sekaligus pengabdian bagi masyarakat sekitar kampus. Kegiatan Bimbel Cawang  Ceria sendiri tidak dipungut biaya alias gratis.

Sementara  ditemui disela acara, Dekan FSB Susanne A.H. Sitohang, S.S., M.A. menjelaskan bahwa Bimbel Ceria Cawang sudah cukup lama diadakan, bahkan sejak tahun 2010, diselenggarakan sebagai bagian  memenuhi tuntutan Tridarma Perguruan Tinggi, yakni dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, dalam hal ini masyarakat sekitar kampus.

“Sempat terhenti selama Covid-19, namun sejak Mei lalu 2022 kembali diselenggarakan seiring dengan melandainya pandemi Covid-19,” paparnya. Ke depan, diharapkan akan terus berjalan karena program ini sangat bermamfaat baik terhadap anak-anak maupun mahasiswa dalam proses belajar dan mengajar.

Ia juga menambahkan, awalnya masih terbatas mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak Bimbel, namun bersama dibuka Program Bahasa Mandarin, diajarkan juga bahasa Mandarin.

“Kita ingin anak-anak di sekitar kampus dipersiapkan dan diperlengkapi kemampuan menguasai bahasa asing sejak dini. Tentu akan jadi berguna dan bekal masa depan mereka kelak,” tandasnya. Saat ini, anak- anak yang berpartisipasi baru RW 11 ke depan diharapkan lebih banyak bergabung dari RW lain sekitar UKI.

Kegiatan rutin triwulan ini, kata Susanne mendapat sambutan dan  dukungan kuat, baik dari para orang tua, pengurus RT dan juga Lurah Cawang. Ini dibuktikan dengan hadir pada acara ini. Karena itu, pimpinan UKI juga mendorong agar kegiatan ini terus berjalan dengan  baik.

“UKI melalui FSB mengadakan program Bimbel yang tentu bermamfaat bagi masyarakat terutama pengenalan bahasa asing.  Kami juga pernah mengadakan lomba dongeng mendatangi rumah-rumah warga,” bebernya.

Ketua Pelaksana kegiatan Perayaan Anak Nasional bersama anak-anak Bimbel Cawang Ceria,  Wiraldo  secara khusus menyampaikan terimakasih kepada seluruh orang tua yang telah berkenan dan  mengizinkan anaknya untuk belajar di Bimbel Cawang Ceria. Diharapkan ke depan kerjasama ini akan terus berjalan dengan baik.

Share this Post

DAFTAR E-BROSUR BEASISWA