Pelantikan Wakil Rektor UKI Periode 2022-2026: Berkolaborasi untuk UKI Unggul

Jakarta – “Target UKI Unggul telah kita canangkan bersama. Pencapaiannya bukanlah hal yang mudah, namun hal itu juga bukanlah yang mustahil. Di tengah persaingan di antara ribuan institusi pendidikan tinggi di Indonesia, UKI yang lahir di tahun 1953, ditantang untuk menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang menjadi tujuan pendidikan bagi lulusan SMA dan menjadi rujukan bagi institusi pendidikan tinggi lain di Indonesia maupun manca negara,” ujar Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., MBA, dalam Pelantikan Wakil Rektor UKI Masa Bakti 2022-2026, di Auditorium Grha Wiliam Soeryadjaya UKI, Cawang Jakarta (26/04).

Dhaniswara menambahkan bahwa dengan didukung para wakil rektor, seluruh jajaran pimpinan universitas dan fakultas/program segera fokus merealisasikan visi UKI menjadi universitas yang bermutu, mandiri dan inovatif sehingga UKI akan menjadi UKI yang unggul dan menjadi kebanggaan bagi kita semua. 

“Kompetisi yang semakin ketat hanya akan dapat dihadapi dengan kompetensi yang utuh, yang  akan membuat kita tidak hanya siap menghadapi tantangan namun juga mengantisipasi atau memprediksi perubahan-perubahan yang akan terjadi. Saat ini Era Merdeka Belajar Kampus Merdeka, sehingga kita harus memfasilitasi mahasiswa untuk bisa menentukan pilihan. Ada 8 semester, 5 semester di dalam prodi pilihan, 1 semester di luar prodi, 2 semester bebas akan magang atau bekerja atau ikut penelitian sesuai passion mahasiswa. Kami berkolaborasi dan bekerja sama dengan banyak institusi, dunia usaha dunia industri di dalam dan luar negeri,” tutur Dhaniswara.

Tiga laboratorium UKI memiliki sertifikat ISO 9001:2015 dalam layanan pendidikan, yaitu Ruang Peradilan Semu (FH UKI), laboratorium Bahasa (FSB UKI), dan studi mini (Fisipol UKI). 4 Prodi di UKI memiliki akreditasi internasional, yaitu Prodi Ilmu Hubungan Internasional Fisipol UKI, Prodi  Hukum FH UKI, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FSB UKI dan Prodi Sastra Inggris FSB UKI. 

Jajaran Wakil Rektor UKI terpilih ialah, Dr. Hulman Panjaitan, S.H., M.H. sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik; Dr. Juaniva Sidharta, S.E., M.Si. sebagai Wakil Rektor bidang Keuangan, Pemasaran, dan Administrasi Umum; Dr.rer.pol. Ied Veda Rimrosa Sitepu, S.S., M.A., sebagai Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hukum; Dr. Lisa Gracia Kailola, S.Sos., M.Pd. sebagai Wakil Rektor bidang Sumber Daya Manusia dan Kerja Sama.

Ibadah mengawali kegiatan yang dipimpin oleh Pendeta Drs. Rudy Imanuel Ririhena, M.Si, selaku Ketua Umum Gereja Protestan di Indonesia. Pendeta Rudi berpesan bahwa jabatan adalah anugerah dari Tuhan, bukan karena kepintaran kita. “Maka segenap hati lakukanlah pelayanan dengan bersih hati. Takut akan Tuhan itu kuncinya. Perbuat dengan segenap hatimu,” ujarnya.

Rangkaian prosesi pelantikan yakni pembacaan SK Pengurus YUKI tentang Pengangkatan Wakil Rektor UKI Masa Bakti 2022-2026, Pengucapan Janji Jabatan, penandatanganan naskah janji jabatan, dan penandatanganan naskah serah terima jabatan dari Wakil Rektor Purna Bakti kepada Wakil Rektor Masa Bakti 2022-2026.

Lebih lanjut, Ketua Pengurus Yayasan UKI, Ir. Jesua Un, menjelaskan pula bahwa  Tantangan Perguruan Tinggi masa kini sangat tinggi, dengan adanya pandemik global Covid-19, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Revolusi Industri 4.0 dan Internasionalisasi Perguruan Tinggi. 

“Tantangan ini memaksa perguruan tinggi untuk beradaptasi dengan cepat, terjadinya pergeseran paradigma (paradigm shifting) dalam proses pembelajaran, penelitian, perubahan dalam proses belajar dan budaya kerja,” ujar Ir. Jesua Un.

“Selain itu dari tantangan ini bisa melahirkan upaya dan terobosan yang kuat agar perguruan tinggi bisa tetap bertahan (survive), melahirkan inovasi baru dalam pembelajaran dan penelitian dan menciptakan daya saing (competitiveness). Kami sadar bahwa untuk menerobos tantangan yang berat ini dibutuhkan kepemimpinan yang kuat. Tim Kerja yang tangguh untuk bisa menggerakkan roda institusi yang akan bergerak dengan cepat dalam menerobos tantangan global,” tuturnya.

“Tekad professional yang membaja ini untuk melakukan terobosan yang out of the box untuk menjadikan institusi yang hebat dan tentunya bisa unggul. Kepemimpinan yang kuat ini akan melahirkan tim kerja yang kuat dalam menggerakkan roda institusi yang akan berdampak terhadap kemajuan institusi dengan hasil luar biasa,” tambah Jesua Un.

Acara pelantikan yang mengusung tema ‘Berkolaborasi untuk UKI Unggul’ ini dilaksanakan secara hybrid dan dapat disaksikan oleh seluruh sivitas akademika UKI lewat siaran langsung kanal Youtube Official UKI Jakarta.
 

Share this Post

DAFTAR E-BROSUR BEASISWA